Rabu, 09 Maret 2011

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen (consumer behavior) adalah interaksi dinamis antara pengaruh kognisi (pikiran), perilaku, dan kejadian di sekitar konsumen, di mana konsumen melakukan  aspek pertukaran dalam hidup mereka (Peter dan Olson, 2005). Dengan kata lain, perilaku konsumen mencakup pikiran dan perasaan dari pengalaman manusia dan tindakan yang mereka tampilkan dalam proses konsumsi. Selain itu tercakup juga hal-hal di lingkungan yang mempengaruhi pikiran, perasaan dan tindakan konsumen, seperti komentar atau pendapat konsumen lain, iklan yang ditampilkan dan lain sebagainya.

Perilaku konsumen merupakan suatu hal yang dinamis karena pikiran, perasaan dan tindakan dari konsumen senantiasa berubah. Contohnya adalah perkembangan teknologi internet yang merupakan perubahan lingkungan berhasil mengubah cara konsumen dalam mencari informasi mengenai suatu produk atau jasa dalam membuat keputusan pembelian.

Kedinamisan dari perilaku konsumen ini membuat strategi yang berjalan pada satu waktu atau pasar mungkin gagal jika diterapkan di waktu yang berbeda atau pasar yang berbeda. Selain itu siklus hidup produk yang lebih cepat menuntut perusahaan untuk terus berinovasi agar tercipta nilai yang superior di mata konsumen dan tetap menghasilkan profit bagi perusahaan. Sehingga dibutuhkan pembuatan produk baru, versi baru dari produk yang sudah ada, merek baru dan strategi baru.

Perilaku konsumen melibatkan interaksi antara pemikiran, perasaan, tindakan, dan lingkungan konsumen. Oleh karena itu pemasar harus mengerti produk dan  merek apa yang dianggap berarti oleh konsumen, hal-hal apa yang dilakukan konsumen dalam membeli dan menggunakan produk dan merek tersebut serta apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi produk atau merek tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar pemasar dapat mengetahui bagaimana cara memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen serta menciptakan nilai atas produknya.

Perilaku konsumen melibatkan pertukaran antar manusia. Dengan kata lain, seseorang menyerahkan sesuatu kepada orang lain, dan menerima sesuatu sebagai balasannya. Dalam menganalisis perilaku konsumen terdapat elemen-elemen penting yang harus diperhatikan pemasar, yaitu afeksi (perasaan), kognisi (pikiran), dan perilaku konsumen serta lingkungan sekitar yang mempengaruhi perilaku konsumen.

2 komentar:

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    Plus, making money with it is as simple as 1, 2, 3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add push button traffic (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and up-sell your affiliate products on it's own!

    Are you ready to start making money??

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    BalasHapus
  2. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus